Senin, 19 November 2012


EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH
SMPN 1 WONOSARI
Sejak pertama kali saya diterima menjadi salah satu siswa sekolah SMPN 1 Wonosari,saya sudah mulai aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.Di sekolah saya,ekstrakurikuler dibedakan menjadi 2 jenis,yaitu ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh semua siswa dan ekstrakurikuler yang tidak wajib diikuti oleh siswa ( siswa boleh menentukan sendiri dan menentukan ekstrakurikuler di bidang apa saja yang dikira cocok untuk siswa tersebut ).Program ini diselenggarakan sebagai sarana dan wahana pengembangan bakat dan prestasi disamping sebagai kegiatan rekreasi, sekaligus untuk pengembangan EQ dan SQ yang diperlukan untuk pertumbuhan kepribadian siswa seutuhnya yang seumuran saya tentunya.
Ekstrakurikuler yang wajib di sekolah saya adalah
  1. Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan
  2. Ekstrakurikuler BTA ( untuk siswa muslim )
  3. dll.
Ekstrakurikuler yang tidak wajib di sekolah saya bermacam-macam bidang dan jenis , yaitu :
  1. Ekstrakurikuler Basket
  2. Ekstrakurikuler Sepak Bola
  3. Ekstrakurikuler Komputer
  4. Ekstrakurikuler KIR ( Karya Ilmiah Remaja )
  5. Ekstrakurikuler Mading ( Majalah Dinding ) & Jurnalistik
  6. Ekstrakurikuler Bola Volley
  7. Ekstrakurikuler Badminton
  8. Ekstrakurikuler Karate
  9. Ekstrakurikuler Bahasa Indonesia ( Contoh kegiatannya adalah membuat puisi,cerpen,dll. )
  10. Ekstrakurikuler Bahasa Inggris
  11. Ekstrakurikuler Desain Grafis
  12. Ekstrakurikuler Elektronika
  13. dll.
Ekstrakulikuler Pramuka di sekolah saya dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at pada pukul 15.00 WIB , perlengkapan yang wajib dibawa adalah semua kegiatan kepramukaan Contoh : Tali, tongkat pramuka, Buku Saku , Buku SKU,dll.
Ekstrakulikuler BTA wajib diikuti oleh semua siswa muslim ( siswa yang beragama ISLAM ) , Kegiatan ekstrakulikuler BTA dilaksanakan setiap hari Senin ( Bagi kelas 7 ) dan setiap hari Kamis ( Bagi kelas 8 ), kegiatan BTA ini dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB, perlengkapan yang harus dibawa adalah alat – alat untuk beribadah & BTA ( Baca Tulis Al- Qur’an ) contoh Al-Qur’an , Pakaian Muslim / Hem + Peci ( yang penting bersih , rapi, dan sopan ), perlengkapan salat ( Sajadah,dll ), dll.
Sedangkan ekstrakulikuler yang tidak wajib ada bermacam-macam ,tetapi saya hanya akan menceritakan tentang ekstrakulikuler tidak wajib yang saya ikuti, Saya mengikuti ekstrakuliker Bola Basket , ekstrakulikuler bola basket dilaksanakan setiap hari Selasa pada pukul 15.00 WIB, perlengkapan yang harus dibawa adalah pakaian olahraga ( pakaian basket khususnya + sepatu basket ). Saya mengikuti ekstrakulikuler karena saya ingin menjaga daya tahan tubuh , dan kesegaran jasmani saya.
Saya sangat senang mengikuti semua kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, (yang wajib maupun yang tidak wajib ). Saya sangat senang karena semua kegiatan
Ekstrakulikuler yang dilaksanakan di sekolah saya sangat menyenangkan dan semua kegiatan ekstrakulikuler di sekolah saya memberikan / mengandung hal – hal positif yang mudah – mudahan berguna bagi masa depan kelak ( di dunia maupun di akhirat ).
Kegiatan yang lain :
Kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan sekolah saya cukup banyak, lebih dari 20 macam kegiatan. Semuanya dimaksudkan untuk menyalurkan dan mengembangkan minat, hobi, dan potensi para siswa. Untuk itu pihak sekolah mengusahakan penyediaan guru pelatih atau pendamping. Diusahakan guru yang tersedia di sekolah, bila tidak memungkinkan barulah dicarikan pelatih dari luar yang dipandang menguasai permasalahan sesuai dengan bidangnya.2.Menyediakan Sarana Kegiatan
Kegiatan kesiswaan memerlukan ketersediaan sarana. Untuk itu sekolah mengusahakannya agar kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya menyediakan perangkat komputer, perlengkapan latihan olah raga, peralatan kesenian (musik, lukis, dan tari), peralatan kepramukaan, dan lain-lain.3.Pendidikan dan Latihan
Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pengurus OSIS (diklat), diadakan bagi pengurus baru OSIS.4. Tenaga Pendamping Kegiatan
Menyediakan tenaga pendamping kegiatan lapangan. Diambilkan dari kalangan guru sendiri, tenaga dari luar, atau alumni.

0 komentar: